#AdaKami · #MelawanAnggapan

#BeatAnxiety: How Bullet Journals Practically Saved Me

Some of you might have heard about it, but most of you haven’t. Here’s a pro-tip from someone who has major anxiety and experiences clockwork depression: bullet journal helps a lot!

  • Metode bullet journaling merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk mengurangi kekhawatiran berlebih saya. Namun,  efektivitas penggunaannya akan berbeda untuk masing-masing individu.
  • Metode ini akan lebih bermanfaat bagi orang-orang yang cenderung teroganisir dan tertata. People who can function normally without a daily and/or personal system may find this method as too complex (and it’s completely fine, since you’re the one who knows your own system the best!)
  • Kunci dari bullet journal: keep. it. simple. Kalau kamu adalah orang dengan kreativitas dan art sense yang biasa saja, tidak usah memaksakan diri untuk menghias bullet journal-mu secara berlebihan. Remember, your journal is for you and you only.

Bullet journal, atau lebih dikenal di Instagram dan Pinterest sebagai bujo adalah salah satu metode journaling atau daily logbook yang sederhana dan bisa dimulai kapan saja. Tidak perlu menunggu bulan baru, atau tahun baru, atau momentum tertentu: kamu bisa memulai bujo-mu saat ini juga. Yang kamu butuhkan hanya dua: buku kosong dan pena.

What is a bullet journal? Bujo merupakan metode pencatatan yang sederhana dan tidak banyak memakan waktu. Bujo menggunakan sejumlah simbol yang merepresentasikan serangkaian catatan. Karena konsepnya yang simpel, kita dapat memulai dan rehat dalam menggunakan bujo kapanpun. Tidak seperti mencatat dalam agenda atau planner atau diary yang sudah memiliki format dan desain tertentu, layout dalam bujo-mu tergantung keinginanmu sendiri. Jadi, kamu tidak perlu merasa berdosa kalau kelewatan mengisi bujo-mu.

How does bullet journaling help my mental health? Bagi orang-orang yang tidak bisa berfungsi dengan normal tanpa sebuah sistem, it helps to track my habits and note my mood-swings. Selain itu, saya juga mencatat tugas harian saya dalam bujo saya. It helps a lot, because most of my insecurities come from not keeping track of all my responsibilities. Setiap akhir pekan dan akhir bulan, saya merekap semua catatan bulanan saya untuk melihat kecenderungan kebiasaan saya. Dari situ, saya dapat menyusun rencana mental health serta antisipasi jangka panjang for future days to come. Cek tautan berikut ini untuk mendapat gambaran tambahan tentang bujo for mental health:

P.S. Okay, desain serta layout bujo yang ada dalam tautan di atas are a teensy weensy bit fancy (JK they’re awesome), but your bujo doesn’t have to look fancy if you can’t be fancy, as long as it serves it purpose!

How do I start a bullet journal? Seperti yang sudah saya katakan di atas, kamu hanya membutuhkan buku kosong dan pena untuk memulai bujo-mu. Situs berikut ini memberi gambaran untuk memulai bujo-mu. Selain itu, ada banyak situs seperti Buzzfeed yang menawarkan step by step cara memulai bujo. Salah satu bujo junkie favorit saya, Boho Berry dapat menjadi rujukan cara memulai bujo.

What can I write in my bullet journal? Kamu bisa mencatat semua yang kamu butuhkan. Hal ini bervariasi antar individu. Beberapa orang mungkin membutuhkan gratitude list serta monthly habits, sedangkan beberapa orang hanya membutuhkan daily notes saja.

What does your bujo look like? FIRST OF ALL MY BUJO IS NOT FANCY so pleaseeeee don’t judge me on its appearance. Berikut saya sertakan sejumlah foto halaman bujo saya. Please excuse the lighting as I am too lazy to edit them all one by one.


My bujo. Saya mendapat agenda ini dari teman saya, Fitri Handayani. She is so sweet I just can’t.

25190

Symbol meanings. Saya menggunakan simbol-simbol yang umum dikenal oleh para bujo junkies, all for the simplicity of it. 

25176

Index. Walau banyak situs menyarankan untuk membuat indeks, saya tidak terlalu banyak membutuhkan indeks ini, because I love to casually flip the pages to find what I’m looking for. 

25185

Monthly spread. Ini berfungsi untuk menandai tanggalan dan mencatat acara-acara besar dalam bulan tertentu.

25179

Weekly spread. Setiap akhir pekan, saya selalu mencatat semua tugas dan acara saya selama sepekan ke depan di sini. Nantinya, saya akan memindahkan masing-masing poin ke daily spread saya.

25178

Daily spread. Ini semacam logbook kegiatan harian. Ini yang rutin saya tulis tiap hari. Setiap malam sebelum tidur, saya selalu mencatat spread untuk hari esok, so that I wake up in the morning feeling prepared and ready.

25181

Financial Plans. Sebagai orang yang sangat heran ke mana saja alokasi uang saya, this page is practically a life saver. 

25177

Monthly habits. Halaman ini berisi catatan kebiasaan saya selama satu bulan. Quirky, yes. Tentu saja kebiasaan-kebiasaan ini akan bervariasi tergantung masing-masing orang.

25180

Priority List. Ini merupakan tempat saya melihat sasaran jangka menengah sampai jangka panjang saya.

25184

Quote List. Halaman ini hanya muncul ketika saya sedang mengalami slump atau depression attack. Lewat menulis, perasaan saya tersalurkan and I remember that this too shall pass.

25186

Anxiety Spread. Semua tulisan dalam halaman ini muncul ketika saya merasa khawatir, kekhawatiran berlebih yang kadang tidak rasional. P.S. halaman ini saya tulis ketika sedang insecure mengenai *ehem* skripsi saya.

25187

Blog Posts Idea. Nuff said.

25189

***BONUS***

25188

#fixangkatantua


P.S. Masih ada beberapa jenis tulisan lain lagi dalam bujo saya, yang sayangnya tidak bisa saya bagikan di sini.

Overall, menurut saya bujo sangat membantu dalam hal:

  1. Mengurangi anxiety. Saya tidak lagi mengkhawatirkan jadwal dan sistem harian saya, karena saya tahu semuanya tercatat dengan rapi dalam bujo saya.
  2. Membantu mencatat kondisi mental saya. Mulai dari kebiasaan harian, mood harian, sampai toxic thoughts; melihat rekapitulasi kondisi saya tiap bulannya membuat saya sadar aspek mana saja yang harus saya ubah dan saya pertahankan dalam hidup saya.
  3. Membantu mengurangi kekhawatiran saya akan masa depan. Bujo membantu saya mencatat semua rencana jangka menengah dan panjang saya, sehingga saya bisa menetapkan langkah-langkah yang lebih sistematis dan praktis untuk mencapai tujuan saya.

So start your bujo today, if you’re up for it! 🙂 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s